Mengenal Perbandingan SIBP Dan IPTB Dari Jasa Arsitek IPTB

By Leave a comment

Mengenal Perbandingan SIBP Dan IPTB Dari Jasa Arsitek IPTB – Mencari layanan jasa arsitek iptb bukanlah hal mudah yang bisa anda dapatkan begitu saja, pasalnya banyak sekali jasa arsitek yang tersebar bahkan di dunia maya, namun hanya beberapa saja diantaranya yang telah memiliki IPTB. Apa itu IPTB? Untuk mengetahuinya simaklah penjelasan berikut ini :

IPTB yaitu singkatan dari kata Izin Pelaku Teknis Bangunan atau sebelumnya lebih sering disebut sebagai SIBP yaitu Surat Izin Bekerja Perencanaan. Jika dilihat dari peraturan perundang-undangan yang dimilikinya, SIBP ini telah hadir sejak tahun 70-an, namun keberadaannya itu sendiri kini telah berubah menjadi IPTB.

Pada bagian di atas disebutkan bahwa layanan jasa arsitek yang memiliki IPTB tidak banyak. Hal ini dikarenakan untuk mendapatkan IPTB itu sendiri bukanlah hal yang mudah. IPTB pada umumnya wajib untuk dimiliki oleh seorang ahli pada bidang perencanaan, pengawasan dari pelaksanaan, serta pengkajian pada bagian teknis bangunan. Namun pada dasarnya keberadaan surat itu sendiri umumnya hanya dimiliki oleh para pekerja di bidang konsultan, kemudian pembagian golongan, dan lainnya. Jenis surat izin yang satu ini pada mulanya memang tidak ada karena dianggap telah tertera atau menjadi bagian dari SIBP yang dikenal sama untuk pekerjaan dari perencanaan kontruksi.

Hal ini juga tidak lepas dari beberapa keahlian yang dimaksud di dalam IPTB tersebut yang mana berkenaan dengan instalasi bangunan, pekerjaan arsitekstur bangunan, kemudian struktur bangunan, dan lainnya yang sama dengan apa yang terdapat pada SIBP ketika ia masih berlaku. Tidak hanya itu saja, untuk permohonan yang dimilikinya pun diajukan pada pihak pengawasan bangunan atau P2B, kemudian kepala dinas penataan yang juga harus dilakukan dengan memenuhi beberapa persyaratan berikut ini:

  1. Pas foto
  2. Fotocopy KTP,
  3. Surat atau formulir permohonan,
  4. rekomendasi yang diberikan Asosiasi profesi,
  5. dan lainnya

Dengan beragam persyaratan tersebut maka IPTB pun bisa anda dapatkan dengan masa berlaku sekitar 3 tahun saja. Karena itulah bagi anda dan para pekerja lain yang membutuhkannya maka wajib untuk melakukan perpanjangan.

Jika sebelumnya SIBP hanya ditujukan bagi warga negara Indonesia saja, maka berbeda halnya dengan IPTB yang tentunya dapat diajukan oleh pihak asing. Namun tentu saja ada persyaratan khusus yang menyertainya, yaitu tenaga ahli dengan kewarganegaraan asing tersebut harus bekerja pada perusahaan dengan badan hukum Indonesia. Selain itu perizinan ini juga diperbolehkan bagi perusahaan yang memiliki induk di luar negeri namun memiliki cabang yang berada di negara Indonesia. Dengan kata lain, ketika bekerja di Indonesia, tentunya tenaga ahli dari pihak asing tersebut pun harus bermitra dengan tenaga ahli yang berasal dari indonesia yang juga memiliki IPBT.

Untuk itu sistem pengurusan ini pun bisa anda lakukan dengan menggunakan layanan jasa di www.urusimb.com, sehingga layanan jasa arsitek iptb pun bisa anda dapatkan dengan lebih mudah.

Tagged under:

Leave a Reply

Your email address will not be published.